Monday, March 15, 2010

Seiko 5 automatic yang terkenal

Seiko di Indonesia telah dikenal belasan tahun yan lalu. Populeritasnya sebagai pembuat mesin jam di dunia telah di akui di Indonesia dengan terbitnya Seiko 5 yang sangat legendaris. Sebuah model yang sangat rigid, kuat, dan mempunyai kesan wibawa yang dalam. Di Indonesia mungkin Seiko 5 adalah jam automatis yang sangat paling banyak pengikutnya.
Sekarang ini mulai banyak orang yang koleksi jam yang "lawas". Jam ini dirasakan mempunyai nilai jam vintage dan sejarah. Memang secara fisik, jam lama cenderung mempunyai aura klasik yang penuh wibawa..

Seiko 5 kebanyakan dihasilkan dari mesin automatis 17 jewel, 21 jewel, 23 jewels, 25 jewels, dan mungkin 29 jewels. Semakin tinggi jewels yang digunakan maka semakin tinggi nilai jam tersebut. Di produk automatis seiko sekarang ini ada yang sudah menggunakan jewels hingga 50 jewels. Beberapa produk terbaru dari Seiko seperti Sring Drive sudah menggunakan 50 jewels.

Jam Automatis Seiko 5 kebanyakan dihasilkan dari gerakan spring (per) sekitar 28.800 gerakan per jam dengan akurasi sekitar 15 - 25 detik perhari. Gerakan inilah yang akan di ubah menjadi tenaga mekanis yang menggerakkan jarum jam.

8 comments:

  1. koko itu jam citizennya yang "my collection 2010"seri apa ?bagus juga...:)

    ReplyDelete
  2. Itu citizen AT1150-57E. Saya beli seharga 2.1 juta kalo kurs yang siangapura di bawa ke rupiah. Saya pernah cek ke counter asli harganya sekitar 3.3 juta. Namun saya coba cek ke toko yang bukan counter asli harganya sekitar 2.4 - 2.5 jt. Kalo bisa dapat seharga saya, ambil saja... technologinya tanpa baterai (Eco drive). Baca ulasan saya mengenai eco drive (di kolom perbandingan technology jam swiss maupun Jepang

    ReplyDelete
  3. jarum detik yg panjang pd citizen AT1150-57E itu memang tdk bergerak sebagai penunjuk waktu ya ko?

    ReplyDelete
  4. @balingbaling...
    sorry bos koko ane jadi ikutan comment to balingbaling, untuk citizen AT1150-57E, ini adalah jam type Chronograph dimana pada umumnya jarum panjangnya adalah fungsi detik namun di citizen ini digunakan untuk mengukur kecepatan, (beda dengan stopwatch loh)... untuk lebih jelasnya pengunaannya mungkin mr.koko bisa menuliskan artikelnya.. krn di sini bukan kapasitas saya...

    ReplyDelete
  5. Saya punya seiko 5 sport. Saya beli langsung di dealer resminya di Melawai Blok M,.Jakarta.
    Jam itu bagus gak sih

    ReplyDelete
  6. siang, numpamng nanya harga seiko 5 21 jewel second berapa?

    ReplyDelete
  7. Ingin membuat website dengan hosting berkualitas, kunjungi unmetered.co.id

    ReplyDelete