Wednesday, March 31, 2010

Bagaimana (tips) memilih arloji (jam tangan) yang tepat/ sesuai

Menurut Anda bagaimana Anda memilih sebuah jam yang sesuai dengan Anda?
Berikut adalah ulasan saya mengenai tips di dalam memilih sebuah jam.
Yang pertama adalah tujuan Anda memakai jam tangan. Tujuan ini akan membimbing Anda untuk bisa memastikan baik model, budget, bahkan sampai mesin dari jam tangan Anda. Jikalau tujuan Anda adalah sebagai penunjuk waktu, menurut saya, Anda lebih mudah untuk memilih dengan sedikit mempertimbangan model dan budgetnya. Kalau tujuan Anda adalah koleksi, maka Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memilih. Sedangkan kalo tujuan Anda adalah untuk penampilan maka Anda harus mempersiapkan budget dan model yang sesuai.


Yang kedua adalah suasana yang diinginkan. Jikalau Anda memilih jam untuk menyelam tentu kan berbeda dengan kebutuhan jam untuk kantoran. Jika Anda memilih jam untuk berolah raga, tentu akan berbeda dengan jam tangan untuk resepsi pernikahan. Dewasa ini jam sudah agak tipis batasan penggunaan jam terhadap suasana yang diinginkan.
Yang ketiga adalah model. Model terdapat dalam beberapa kategori. Yang sifatnya klasik, cocok untuk kepentingan bisnis, cocok untuk orang dewasa atau bahkan tua, lebih cenderung tipis sehingga lebih ringan untuk beraktivitas. Jam tangan klasik lebih diorientasikan buat memudahkan orang untuk melihat waktu baik hari, tangal, jam, maupun detik. Kategori model jam yang kedua adalah fashion, yakni jam yang digunakan untuk penampilan. Jam ini bisa bertahtakan berlian asli, berlian svarozki, berlapis emas, baik emas putih maupun kuning bahkan emas merah (rose gold). Bisa terbuat dari bahan metal seperti tungsten (seperti merek Rado), titanium (metal kuat yang sangat ringan, biasa dipakai untuk bahan pesawat terbang), maupun platinum (bahan yang lebih kuat dari baja). Untuk model fashion yang terbaru adalah jam skeleton. Yakni jam dengan kerumitan seperti ukiran. Kategori yang berikutnya adalah sport yakni jam untuk olah raga. Biasa jam di desain kokoh (kebanyakan rantai dari baja tahan karat maupun karet), dirancang kedap air dalam kedalaman khusus, lapisan jam terbuat dari kaca mineral maupun safir, tahan goncangan, dll.

Yang keempat adalah mesin. Anda bisa memilih mesin yang simple, hanya perlu perawatan rata2 2 tahun sekali. Mungkin mesin quartz adalah pilihan yang bagus. Jam quartz juga pilihan yang tepat jika Anda mengoleksi banyak jam karena tidak akan repot untuk menyesuaikan waktu, namun jika semua jam Anda sedang habis baterai, mungkin akan cukup memakan biaya. Sebagai gambaran jika Anda menggunakan baterai merek maxell, maka cukup Rp. 25.000 – Rp. 35.000,- sedangkan merek sony sekitar Rp.40.000 – 50.000. Untuk merek baterai mesin jam swiss, biasanya sekitar Rp. 60.000-. Sebisa mungkin baterai jam kita sesuai dengan baterai aslinya.
Untuk Anda yang berkeinginan untuk tidak report mengganti baterai, jam otomatis adalah pilihan yang tepat. Selain hemat, jam otomatis sebenarnya bisa menunjukkan kecanggihan sebuah jam. Sebuah jam otomatis di lihat dari tingkat akurasinya dan mesinnya. Akurasi dari jam otomatis di pengaruhi juga oleh kekuatan per dan roda-roda mesin jam, akurasi komponen micronya, maupun daya tola dari pengaruh gravitasi bumi. Untuk gravitasi bumi, muncul teknologi tourbillion. Nanti akan dibahas pada resensi selanjutnya.

Pertimbangan selanjutnya adalah budget. Dengan budget Rp. 20.00 – Rp. 250.000 Anda mendapat sebuah jam dari Cina. Dengan uang Rp. 250.000 – Rp.1.000.000 Anda sudah bisa mendapt jam tangan bermesin Jepang misal Casio, Alba. Dengan uang sekitar Rp.1.000.000 – Rp.2.000.000 Anda sudah bisa mendapat jam fashion dari Paris, misal Elle, atau jam Amerika seperti Guess, Bonia, Fossil , dan jam Jepang Casio. Untuk produk jepang di atas Rp.2.000.000 bisa membeli jam Seiko, Citizen atau jam Swiss entry level seperti Swatch. Untuk produk dari Swiss, seperti Tissot, maka harga mulai dari Rp. 2.500.000. Untuk harga sekitar Rp. 5.000.000 – Rp. 10.000.000 bisa mendaptkan merek Seiko, Victorinox, Mido, Tissot. Oris,dll. Untuk harga Rp.15.000.000 – Rp. 30.000.000 Anda bisa mendapat merek seperti Tag Haeur, Frederique Constant, Omega, Panerai, dll. Untuk diatas Rp. 40.000.000 Anda bisa mendapatkan Rolex, Omega, Corum, Chopard, Breitling,
Saran saya, pakailah jam sesuai dengan kebutuhan Anda…….

>>read more..

Monday, March 29, 2010

T - Touch Technology - Jam Tissot


Tissot adalah sebuah perusahaan jam yang didirikan sejak 1853 oleh Charles–Felicien Tissot dan putranya Charles Emilie di kota Le Locle.
Tissot memperkenalkan produk masal pertama kali yakni jam pocket dengan 2 fungsi area (2 zone). Beberapa technology pertama dari Tissot yang diperkenalkan di dunia adalah jam anti magnet pada tahun 1929-1930. Kemudian tissot memperkenalkan jam plastic di tahun 1971, jam dari batu (Alpine granite rock) pada tahun 1985, Jam dari kerang tahun 1987, jam dari kayu pada tahun 1988

Tissot sampai sekarang masih berpusat di La Locle Swiss dan berhasil mendistribusikan produknya ke 150 negara di dunia. Sekarang Tissot menjadi salah satu anak perusahaan The Swatch Group Ltd.
Dalam perjalannya untuk mempromosikan produknya, Tissot menjadi pencatat waktu resmi di beberapa kejuaraan balap mobil. Tissot juga menjadi official dari timekeeper and partner of NASCAR®, FIBA, AFL, CBA, MotoGP dan the World Championships of cycling, fencing dan ice hockey. Beberapa produk Tissot yang mendunia adalah PRC model, La Locle (Highest model), dan T – Touch. Untuk jam mesin otomatisnya, Tissot bekerja sama dengan ETA (Produser mesin jam swiss).
Sekarang Tissot memperkenalkan technology T-Touch technology yakni sebuah jam tangan dengan technology layar sentuh gelas safir yang di dalamnya dibenamkan barometer, kompas, altimeter, maupun termometer. Beberapa artis dunia yang sudah menggunakan jam ini adalah Angelina Jolie, Sarah Bernhard, Carmen Miranda, Grace Kelly, dan Nelson Mandela. Dan terakhir termasuk saya ….

>>read more..

Kategorisasi jam

Haloo semua,
… Ceritanya bermula dari siang ketika di kantor, saya sempat diskusi dengan beberapa teman saya dan beberapa teman saya membahas masalah kategorisasi jam. Saya bilang ke mereka bahwa kategorisasi jam itu ada beberapa hal yakni salah satunya kategorisasi tujuan dari pemilik jam..Kategori pertama adalah pemilikan jam hanya untuk melihat waktu. Kategori ini akhirnya bisa di gantikan dengan jam yang terdapat di handphone Anda atau yang terdapat di dalam pojok kanan computer Anda. Untuk kategori ini Anda tidak perlu mempunyai jam yang mahal, yang penting awet.

Kategori pemilikan yang kedua adalah jam untuk hobi, biasanya adalah orang yang suka mengoleksi jam. Tidak perduli harganya berapa begitu ada jam yang cocok di hati walaupun sudah memiliki banyak jam, pun akan dibeli. Kadang saya di tanya oleh istri kenapa musti beli jam lagi, maka saya hanya menjawab ini untuk hobi. Maka sekarang banyak orang sudah memilih jam vintage (kuno) untuk sebuah koleksi.
Kategori yang ketiga jam untuk penampilan, maka ini adalah kategori yang tertinggi karena kita membeli jam untuk sebuah merek untuk sebuah appresiasi terhadap diri kita. Untuk kategori yang ketiga saya membagi menjadi dua kategori lagi yakni kategori fashion dan status. Untuk fashion maka Anda memiih jam yang menunjang penampilan Anda. Misalnya Guess, Elle, Gucci, Calvin Klien, Fossil, DKNY, dll. Rata2 jam ini di desain dengan corak fashion. Sedangkan untuk status maka biasanya merek jam terkenal seperti Rolex, Omega, Patek Phillip, Panerai, Tag Heur, Piguet, Audemars Piguet, Brietling, dll akan menjadi pilihan. Jam ini ketika dipakai akan menunjukkan status dari pemakainya. Mungkin analoginya jam-jam ini adalah Mercedes Benz atau BMW jika di dalam kategori merek mobil.
Kemudian setelah saya telaah lagi ternyata selain kategori di atas maka jam seharus memiliki kategori seperti di bawah ini …
Yuk sekarang kita berbicara mengenai kategorisasi tipe jam tangan Anda ….
Pada dasarnya jam tangan kita ini terbagi dalam berbagai tipe. Ada beberapa kategorisasi :
1. Kategori mesin jam
2. Kategori asal produser jam
3. Kategori penggunaan fitur jam

Detail dari tulisan ini akan saya post kan lagi setelah ini… tidak terasa jam sudah menunjukkan jam 3.20 pagi hari… rasa ngantuk saya sudah datang lagi .. saatnya saya harus mengistirahatkan tubuh ini … mohon map tuilisan nya di cut sementara waktu …

>>read more..

Teknologi jam Seiko terbaru

Teknologi Seiko terbaru
Seiko “Future Now” project ditujukan untuk menciptakan generasi terbaru E – link. Jam pertama system Electrophoretic Display (EPD)dengan system matrik. Pada tahun 2005 di Baselworld, Seiko memperkenalkan jenis display ini di mana merupakan produk yang sangat tipis, memiliki kontras yang tinggi, dan memungkinkan bisa di lihat dalam sudut yang bervariasi, hampir 180 derajat.
Selain keunggulan di atas, teknologi ini merupakan teknologi yang hemat energi. Teknologi ini memenangkan “Grand Prix d’Horlogerie de Gen√®ve di Swiss pada tahun 2006.
Sejak itu, technology ini mulai di kenal oleh masyarakat dan diakui oleh masyarakat. Sekarang, Seiko telah membawa technology ini pada generasi yang lebih maju dimana terdapat matrik display. Display ini memungkinkan untuk bisa menampilkan banyak gambar di dial-nya.
Layar ini mampu menampilkan 80.000 pixel dan bisa menyampaikan 300 dpi. Seiko merupakan satu-satunya perusahaan yang memiliki technology ini. Semua informasi menjadi lebih detail 3x dari yang sekarang ada pada jam LCD. Technology ini juga bisa menampilkan gambar, grafik, teks, yang lebih halus dan dalam pemrograman tanpa batas.

>>read more..

Monday, March 15, 2010

Seiko 5 automatic yang terkenal

Seiko di Indonesia telah dikenal belasan tahun yan lalu. Populeritasnya sebagai pembuat mesin jam di dunia telah di akui di Indonesia dengan terbitnya Seiko 5 yang sangat legendaris. Sebuah model yang sangat rigid, kuat, dan mempunyai kesan wibawa yang dalam. Di Indonesia mungkin Seiko 5 adalah jam automatis yang sangat paling banyak pengikutnya.
Sekarang ini mulai banyak orang yang koleksi jam yang "lawas". Jam ini dirasakan mempunyai nilai jam vintage dan sejarah. Memang secara fisik, jam lama cenderung mempunyai aura klasik yang penuh wibawa..

Seiko 5 kebanyakan dihasilkan dari mesin automatis 17 jewel, 21 jewel, 23 jewels, 25 jewels, dan mungkin 29 jewels. Semakin tinggi jewels yang digunakan maka semakin tinggi nilai jam tersebut. Di produk automatis seiko sekarang ini ada yang sudah menggunakan jewels hingga 50 jewels. Beberapa produk terbaru dari Seiko seperti Sring Drive sudah menggunakan 50 jewels.

Jam Automatis Seiko 5 kebanyakan dihasilkan dari gerakan spring (per) sekitar 28.800 gerakan per jam dengan akurasi sekitar 15 - 25 detik perhari. Gerakan inilah yang akan di ubah menjadi tenaga mekanis yang menggerakkan jarum jam.
>>read more..

Perbandingan teknologi arloji Swiss, arloji Jepang, dan Arloji Jerman

Resensi :
Pagi ini saya jalan2 dengan keluarga di salah satu mall di Jakarta pusat. Ketika berada di dalam mall, maka pikiran saya tertuju pada 1 hal yakni jam tangan. Memang di dalam mall yang merupakan salah satu mal terbesar di Jakarta dan exclusive terdapat beberapa merek yang sangat terkenal misal Rolex, Chopard, Chorum, Tag Haeur, Rado, Vixtorinox Swiss Army, Fossil. Namun saya tertarik dengan adanya jam tangan dari belahan Eropa lain yakni German..
Di Jerman terkenal beberapa perusahaan jam yang sangat terkenal misal Poljot (sekarang sudah di Swiss), Vostok, Aviator, Junker, dll. Mata saya langsung tertuju pada salah satu gerai di mana terdapat koleksi Poljot yang moonphase. Moonphase ini adalah teknologi di dalam jam yang mampu menunjukkan penanggalan masehi. Jika gambar pada jam menunjukkan bulan purnama, maka ketika kepala kita mendongak ke langit, maka akan tampak bulan purnama (jika tidak terhalang mendung). Saya sangat tertarik karena di kepala saya sedang membandingkan antara produk Jepang (akan saya wakili dengan Seiko), produk Swiss yang akan saya wakili dengan Tissot dan Produk Jerman yang akan saya wakili dengan Poljot.

Jam Poljot yang saya ihat sangatlah menunjukkan kelasnya sebagai jam klasik. Sangat anggun sekali dengan penampilan vintagenya. Produk dengan series Baikal ini sangat detail sekali dan halus di dalam pengerjaannya. Teknologi yang terbenam di dalamnya adalah chronograph, yang bisa berada dalam kedalaman air 5 atm, berkaca safir dan terdapat calendar dan moonphase. Kisaran harga dari produk ini adalah sekitar 12 – 14 juta rupiah
Terbitkan Entri
. Secara harga memang agak tinggi, namun kalau Anda melihat produknya yang ciamik vintage dengan warna ivory (sangat manis sekali bagi saya) dan sangat detail, sebuah harga yang layak.

Lain Poljot lain Seiko.
Seiko telah menelurkan jam tangan luxury classic dalam tahta Premier. Seiko Premier dengan teknologi Kinetic direc drive, moonphase ini dibekali dengan teknologi mesin caliber 5D88. Pengertian dari Kinetik adalah bahwa jam tangan ini mendapatkan daya dari gerakan tangan yang akan dikonversi menjadi energy yang sanggup bertahan hingga 1 bulan penuh untuk pengisian maksimal(baca resensi saya mengenai : Arti sebuah jam tangan bagi Anda) yang digabungkan dengan Direct Drive (isi energy dengan memutar knop melalui tangan) kemudian di bekali dengan teknologi moonphase dan power reserve (indicator daya kinetic). Menurut saya teknologi yang dibenamkan di dalam Seiko ini merupakan hybrid teknologi yang sangat mumpuni di tambah dengan desain yang memukau. Bagi para kolektor Seiko, kurang pas kalau belum mempunyai koleksi yang satu ini. Koleksi ini di luar berharga dalam kisaran 8 juta sampai 9 juta. Untuk sebuah produk dengan teknologi terakhir (hybrid kinetic) seperti ini apalagi di tambah dengan power reserve dan kaca safir anti gores yang mampu minimalisasi efek pantul dari cahaya, harga yang sangat worth it. Tingkat kedalam dari water resistnya mencapai 100 m.

Selanjutnya kita menuju ke Tissot…

Produk moonphase yang di tawarkan oleh Tissot adalah produk PR 50. Tissot yang telah berpangalaman sejak 1853 dibekali dengan teknologi Quartz, dengan calendar tanggal, bulan dan hari. Di tambah dengan teknologi moonphase.
Produk Tissot ini menggabungkan antara teknologi yang dibalut dengan desain yang modern. Bukan klasik namun sangat enak untuk di pandang. Warna silver yang dipadu dengan gelang dari bahan stainless steel 316 anti karat sangat menambah daya robust dari jam ini. Jam ini diluar di jual dengan kisaran 4.5 – 5 juta.

Mana yang menurut Anda paling bagus ….
Bagi saya Poljot adalah pilihan yang unik karena desainya sangat vintage namun teknologi chronograph yang di usungnya menjamin bahwa vintage ini memang berkualitas. Apalagi desainnya yang sangat detail menjamin bahwa jikalau Anda memakai produk ini akan membuat orang lain memandang Anda dalam kelas yang berbeda.
Sedangkan Seiko adalah perpaduan teknologi dan klasik desain. Desain dari Seiko walaupun klasik namun masih memperlihatkan keperkasaan modernistas. Sanagt berbeda dengan vintage yang diusung oleh Poljot. Teknologi yang dibenamkan di dalam Seiko merupakan teknologi terbaru dari Seiko yang memang terkenal dengan innovasinya. Cocok bagi Anda yang menyukai penampilan yang elegan namun mempunyai teknologi yang akurasi dan berkualitas.

Untik Tissot, saya rekomendasikan untk Anda yang berjiwa muda. Jam ini sangat robust dengan desainnya yang ditawarkan. Terkesan kuat dan bertenaga. Yang menarik dari jam ini adalah bahwa penanggalan dari jam nya sangat unik dengan putaran jarum di seluruh dial. Apalagi di tambah elegansi dari moonphase desain. Untuk akurasi, dengan quartz technology, mungkin hanya sekitar 5 detik perbulan.

Apa pilihan Anda ?






>>read more..

Arti sebuah jam tangan bagi Anda

Bagi saya waktu adalah sangat penting. Karena setiap detik adalah hal yang sangat berharga. Sehingga karena waktu sangat berharga maka saya sangat ingin menghargai waktu dengan sama besarnya dengan menghargai diri sendiri.

Oleh karena itu, saya menghargai diri saya sendiri dengan sebuah jam. Alat pencatat
waktu yang sangat terkenal adalah jam tangan.
Di dunia ini banyak produsen jam tangan. Sedangkan negara yang sangat terkenal dengan produksi jam tangan ada 2 yang sangat dominan yakni Swiss dan Jepang. Jika Anda melihat jam tangan Anda ada tulisan Swiss made itu berarti jam Anda di desain di Swiss, di produksi di Swiss dengan menggunakan mesin Swiss. Sedangkan untuk jam yang menggunakan mesin Jepang, biasanya akan tertulis Japan mov't (mesin dari Jepang). Untuk produksi jam Swiss, maka di Indonesia ada beberapa produk yang sangat dikenal di masyarakat misalnya.. Rolex, Omega, Tag Heur, Raymond Weil, maupun Tissot. Beberapa nama yang sangat populer di kalangan kolektor namun untuk orang Indonesia umum agak awam adalah Victorinox Swiss Army, Breitling, Bulgary, Mido,Oris, Panerai, Blancpain, Breguet, Chopard, Corum, dan lain-lain. Dan tentunya untuk jam dari Eropa yang diluar Swiss, misal Itali Paris yang terkanal adalah jam fashion seperti Elle. Sedangkan dari Amerika adalah Fossil maupun Guess. Untuk Elle, Fossil maupun Guess adalah jam dengan dominansi fashion, berasal dari dari fashion dan bukan asli produsen jam tangan.

Untuk Jam jepang, banyak label yang beredar di pasaran. Yang sangat dominan adaah Seiko dan Citizen. Ada beberapa nama produksi dari Jepang seperti Orient, Casio, maupun Alba. Namun nama Seiko dan Citizen di mata dunia dirasakan lebih berkelas. Nama Seiko di Indonesia pun sangat terkenal luas karena produknya sudah beribu-ribu dan mungkin juta menghiasi rumah dan pergelangan tangan orang Indonesia.

Seiko adalah perusahaan jam yang mungkin paling tua di Jepang karena berdiri sejak 1881. Selama malang melintang di bisnis jam, Seiko sudah menorehkan prestasi yang cemerlang yakni (1969) Seiko Astron, world's first quartz watch, (1973) world's first LCD quartz watch with six-digit digital display. Seiko adalah pelopor jam tangan dengan teknologi Kinetik (1988). Yakni teknologi gabungan antara energi gerakan tangan dan quartz. Teknologi ini mampu menyimpan energi dari gerakan tangan selama kurang lebih 6 bulan. Berbeda dengan Automatic yang kekuatannya berkisar sekitar 40 jam. Sedangkan teknologi terbaru dari Seiko adalah Spring drive (sejak 1999), yaitu teknologi yang diciptakan sekitar 26 tahun dari riset Seiko dengan menggunakan 600 prototype. Teknologi ini menggunakan spiral yang mampu di konversi menjadi sebuah energi. Energi inilah yang nantinya akan digunakan untuk menggerakkan roda dari jam. Jam tangan dengan teknologi Spring Drive ini sudah pernah dipakai di luar angkasa dengan modelnya Spring Drive Space walk (limited). Sekarang ini Seiko mengeluarkan produk terbaru dengan beberapa category yakni Spring Drive, Ananta, Velatura, Sportura, Premier, Actura, dan Seiko 5. Nantinya untuk setiap produk akan saya ulas satu persatu di blog ini.

Sedangkan Citizen, terkenal dengan teknologi Eco Drive. Citizen didirikan pada tahun 1924 dan merupakan produsen penemu pertama teknologi solar (matahari). Dan sekarang merupakan pelopor teknologi Eco Drive. Teknologi ini diyakini sangat ramah lingkungan karena tidak menggunakan baterai, hanya menggunakan tenaga cahaya, bisa matahari, lampu dan lain-lain. Dengan teknologi Eco Drive, beberapa produk dari Citizen mampu menyimpan energi matahari (direct sun shine) cukup 3 menit untuk 1 tahun, artinya kita hanya perlu menangkap sinar matahari 3 menit yang mampu digunakan selama 1 tahun.
>>read more..