Wednesday, March 31, 2010

Bagaimana (tips) memilih arloji (jam tangan) yang tepat/ sesuai

Menurut Anda bagaimana Anda memilih sebuah jam yang sesuai dengan Anda?
Berikut adalah ulasan saya mengenai tips di dalam memilih sebuah jam.
Yang pertama adalah tujuan Anda memakai jam tangan. Tujuan ini akan membimbing Anda untuk bisa memastikan baik model, budget, bahkan sampai mesin dari jam tangan Anda. Jikalau tujuan Anda adalah sebagai penunjuk waktu, menurut saya, Anda lebih mudah untuk memilih dengan sedikit mempertimbangan model dan budgetnya. Kalau tujuan Anda adalah koleksi, maka Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memilih. Sedangkan kalo tujuan Anda adalah untuk penampilan maka Anda harus mempersiapkan budget dan model yang sesuai.


Yang kedua adalah suasana yang diinginkan. Jikalau Anda memilih jam untuk menyelam tentu kan berbeda dengan kebutuhan jam untuk kantoran. Jika Anda memilih jam untuk berolah raga, tentu akan berbeda dengan jam tangan untuk resepsi pernikahan. Dewasa ini jam sudah agak tipis batasan penggunaan jam terhadap suasana yang diinginkan.
Yang ketiga adalah model. Model terdapat dalam beberapa kategori. Yang sifatnya klasik, cocok untuk kepentingan bisnis, cocok untuk orang dewasa atau bahkan tua, lebih cenderung tipis sehingga lebih ringan untuk beraktivitas. Jam tangan klasik lebih diorientasikan buat memudahkan orang untuk melihat waktu baik hari, tangal, jam, maupun detik. Kategori model jam yang kedua adalah fashion, yakni jam yang digunakan untuk penampilan. Jam ini bisa bertahtakan berlian asli, berlian svarozki, berlapis emas, baik emas putih maupun kuning bahkan emas merah (rose gold). Bisa terbuat dari bahan metal seperti tungsten (seperti merek Rado), titanium (metal kuat yang sangat ringan, biasa dipakai untuk bahan pesawat terbang), maupun platinum (bahan yang lebih kuat dari baja). Untuk model fashion yang terbaru adalah jam skeleton. Yakni jam dengan kerumitan seperti ukiran. Kategori yang berikutnya adalah sport yakni jam untuk olah raga. Biasa jam di desain kokoh (kebanyakan rantai dari baja tahan karat maupun karet), dirancang kedap air dalam kedalaman khusus, lapisan jam terbuat dari kaca mineral maupun safir, tahan goncangan, dll.

Yang keempat adalah mesin. Anda bisa memilih mesin yang simple, hanya perlu perawatan rata2 2 tahun sekali. Mungkin mesin quartz adalah pilihan yang bagus. Jam quartz juga pilihan yang tepat jika Anda mengoleksi banyak jam karena tidak akan repot untuk menyesuaikan waktu, namun jika semua jam Anda sedang habis baterai, mungkin akan cukup memakan biaya. Sebagai gambaran jika Anda menggunakan baterai merek maxell, maka cukup Rp. 25.000 – Rp. 35.000,- sedangkan merek sony sekitar Rp.40.000 – 50.000. Untuk merek baterai mesin jam swiss, biasanya sekitar Rp. 60.000-. Sebisa mungkin baterai jam kita sesuai dengan baterai aslinya.
Untuk Anda yang berkeinginan untuk tidak report mengganti baterai, jam otomatis adalah pilihan yang tepat. Selain hemat, jam otomatis sebenarnya bisa menunjukkan kecanggihan sebuah jam. Sebuah jam otomatis di lihat dari tingkat akurasinya dan mesinnya. Akurasi dari jam otomatis di pengaruhi juga oleh kekuatan per dan roda-roda mesin jam, akurasi komponen micronya, maupun daya tola dari pengaruh gravitasi bumi. Untuk gravitasi bumi, muncul teknologi tourbillion. Nanti akan dibahas pada resensi selanjutnya.

Pertimbangan selanjutnya adalah budget. Dengan budget Rp. 20.00 – Rp. 250.000 Anda mendapat sebuah jam dari Cina. Dengan uang Rp. 250.000 – Rp.1.000.000 Anda sudah bisa mendapt jam tangan bermesin Jepang misal Casio, Alba. Dengan uang sekitar Rp.1.000.000 – Rp.2.000.000 Anda sudah bisa mendapat jam fashion dari Paris, misal Elle, atau jam Amerika seperti Guess, Bonia, Fossil , dan jam Jepang Casio. Untuk produk jepang di atas Rp.2.000.000 bisa membeli jam Seiko, Citizen atau jam Swiss entry level seperti Swatch. Untuk produk dari Swiss, seperti Tissot, maka harga mulai dari Rp. 2.500.000. Untuk harga sekitar Rp. 5.000.000 – Rp. 10.000.000 bisa mendaptkan merek Seiko, Victorinox, Mido, Tissot. Oris,dll. Untuk harga Rp.15.000.000 – Rp. 30.000.000 Anda bisa mendapat merek seperti Tag Haeur, Frederique Constant, Omega, Panerai, dll. Untuk diatas Rp. 40.000.000 Anda bisa mendapatkan Rolex, Omega, Corum, Chopard, Breitling,
Saran saya, pakailah jam sesuai dengan kebutuhan Anda…….

2 comments:

  1. saya memakai jam untuk kepuasan, art and glory

    ReplyDelete
  2. kalo ane pake jam tangan Seiko gan, biasanya beli di toko online langganan ane :D

    ReplyDelete